Rabu, 22 Januari 2014

Peranan Potensial Informasi Strategis Dalam Memberikan Keuntungan Bagi Perusahaan


PERANAN POTENSIAL INFORMASI STRATEGIS DALAM MEMBERIKAN KEUNTUNGAN BAGI PERUSAHAAN
Disusun oleh:
Icha Septyani
43211445/3DA01
Universitas Gunadarma
Daftar Isi
Pendahuluan ……………………………………………………………………………I
Pembahasan
        i.            Pengertian Sistem Informasi Strategi ………………………………………….1
      ii.            Pengaruh Sistem Informasi Strategi .…………………………………………..1
    iii.            Sistem Informasi Untuk Keuntungan Strategi.…………………………………2
    iv.            Peranan Strategi Sistem Informasi ………............……………………………..3
      v.            Penggunaan Strategi Informasi …………….....................…..……………………………...4
Kesimpulan ……………………………………………………………..……………....II
Daftar Pustaka ………………………………………………………..………...............III
Pendahuluan
Lingkungan dunia yang mengalami perubahan seperti adanya globalisasi, kontrol masyarakat, perkembangan teknologi, memberikan dampak bagi perkembangan suatu negara maupun bisnis. Ini disebabkan perlu adanya keselarasan antara kompetensi yang dimiliki perusahaan dengan lingkungan yang ada diluar organisasi (perusahaan dan pemerintah).
Pertimbangan global praktis berdampak pada keputusan strategis. Dengan demikian perlu adanya kegiatan dalam pengambilan keputusan yang disesuaikan antara kemampuan yang dimiliki dengan lingkungan yang ada di sekitar sehingga perlunya adanya manajemen strategi. Menopang manajemen strategis tergantung pada manajer perusahaan mengenai pesaing, pasar, harga, pemasok, distributor, pemerintah, kreditor, pemegang saham dan pelanggan diseluruh dunia. Harga dan mutu dari produk dan jasa perusahaan harus dapat bersaing di seluruh dunia, bukan hanya di pasar lokal. Persaingan yang memunculkan daya saing erat kaitannya dengan pemahaman mekanisme pasar (standar dan benchmarking), kecepatan dan ketepatan penyampaian produk (barang dan jasa) yang mampu menciptakan nilai tambah. Oleh karena itu, peningkatan daya saing organisasi bersifat unik, tetapi pada intinya dipengaruhi oleh aspek kreativitas, kapasitas, teknologi yang digunakan dan jangkauan pemasaran yang dicapai. Hal tersebut diwujudkan dari tampilan produk, produktivitas yang tinggi dan pelayanan yang baik.

Bab II
Pembahasan
A.    Pengertian Sistem Informasi Strategi
Sistem Informasi Strategis adalah dukungan terhadap sistem informasi komputer yang digunakan pada tingkat organisasi yang mengubah tujuan operasional, produk jasa dan hubungan lingkungan untuk membantu organisasi. Sedangkan menurut Martin (1994), Sistem Informasi Strategis adalah alat untuk mengimplementasikan strategi dengan menggunakan informasi, pengolahan informasi dan komunikasi informasi. Menurut Laudon(1997), Sistem Informasi Strategis adalah sistem komputer yang digunakan pada setiap tingkatan organisasi yang mengubah tujuan operasional, produk jasa dan hubungan lingkungan untuk membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif.
Sistem Informasi dapat mempengruhi aktifitas bisnis perusahaan secara keseluruhan sehingga dapat membantu perusahaan dalam persaingan bisnis dengan perusahaan lainnya. Sistem yang dijalankan tidak hanya dalam lingkup organisasi itu sendiri, tapi melibatkan pelanggan atau klien, pemasok dan pesaing. Sistem Informasi dapat dipandang secara strategis yaitu sebagai jaringan kompetitif vital (pembaharuan organisasi) dan invesasi teknologi untuk membantu mencapai tujuan.
B.     Pengaruh Sistem Informasi Strategi
Ada dua pengaruh penerapan Sistem Informasi Strategis yaitu:
1.Pengaruh Bersaing
Pengaruh bersaing adalah pengaruh secara langsung berdampak pada kemampuan bersaing.kelompok Sistem Informasi Stretegis ini mempu menciptakan aliansi dengan pelanggan,yang dapat menimbulkan biaya bagi pelanggan untuk berpaling ke pesaing atau menimbulkan biaya bagi pesaing baru untuk masuk pasar.Berikut beberapa pengaruh bersaingSistem Informasi Strategis:
§      siklus perkembangan produk
§      memperkuat kualitas produk
§      kelompok penjualan dan dukungan penjualan
§      otomatisasi siklus pesanan
§      pengurangan biaya kantor
§      management saluran produk dan persediaan
§      pengurangan level management
§      penguatan tampilan produk dna ancaman terhadap produk pengganti
2.Pengaruh Industri
Pengaruh Industri adalah pengaruh yang secara permanen mempengaruhi sifat bisnis pada industri tertentu.Pengaruh-pengaruh ini meliputi seluruh industri pemasok dan beberapa pelanggan.Berikut Pengaruh Industri Sistem Informasi Strategis:
ª      Sistem produk dan jasa
ª      Siklus hidup produk
ª      Skop geografis
ª      Skala ekonomis pada produksi
ª      Perpindahan dalam tempat nilai tambah
ª      Kekuatan menawar dari pemasok
ª      Penciptaan berbisnis baru
C.    Sistem Informasi Untuk Keuntungan Strategi
Sistem informasi dapat memainkan peran yang besar dalam mendukung tujuan strategis dari sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan dapat bertahan dan sukses dalam waktu lama jika perusahaan itu sukses membangun strategi untuk melawan kekuatan persaingan yang berupa : persaingan dari para pesaing yang berada di industri yang sama, ancaman dari perusahaan baru, ancaman dari produk pengganti, kekuatan tawar-menawar dari konsumen dan kekuatan tawar-menawar dari pemasok. Beberapa strategi bersaing yang dapat dibangun untuk memenangkan persaingan adalah :
1)      Cost leadership (keunggulan biaya) yaitu menjadi produsen produk atau jasa dengan biaya rendah.
2)      Product differentiation (perbedaan produk) yaitu mengembangkan cara untuk menghasilkan produk atau jasa yang berbeda dengan pesaing.
3)      Innovation yaitu menemukan cara baru untuk menjalankan usaha, termasuk di dalamnya pengembangan produk baru dan cara baru dalam memproduksi atau mendistribusi produk dan jasa.
Sistem informasi manajemen (SIM) dapat menolong perusahaan dalam
a)      meningkatkan efisiensi operasional
b)      memperkenalkan inovasi dalam bisnis dan
c)      membangun sumber-sumber informasi strategis
D.    Peranan Strategi Sistem Informasi
Peranan Sistem Informasi Strategis
1)      Penggunaan teknologi informasi untuk menghasilkan produk layanan
2)      Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitifnya
3)      Membantu perusahaan dalam menghadapi pasar globa
Peran aplikasi sistem informasi dalam bisnis adalah untuk memberikan dukungan yang efektif atas strategi perusahaan agar dapat memperoleh keunggulan kompetitif.Peran strategi informasi ini melibatkan penggunaan teknologi informasi untuk mengembangkan berbagai produk, layanan, dan kemampuan yang memberikan perusahaan keunggulan besar atas tekanan kompetitif dalam pasar global.
E.     Penggunaan Strategi Informasi
Teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk mengimplementasikan lima srategi kompetitif dasar dari Porter tersebut. Perusahaan menggunakan sistem informasi strategis, misalnya dengan menggunakan teknologi internet untuk bisnis elektronik dan aplikasi perdagangan. Pada gambar 3.3 mengilustrasikan bagaimana upaya perusahaan melalui pemanfaatan Teknologi informasi untuk meraih peningkatan efisiensi , menciptakan peluang bisnis baru , memelihara hubungan baik dengan pelanggan dan pemasok.
Adapun strategi dasar penggunaan teknologi informasi (TI) dalam bisnis adalah :
1.      Biaya Yang Lebih Rendah
a)      Gunakan TI untuk mengurangi secara mendasar biaya proses bisnis
b)      Gunakan TI untuk menurunkan biaya pelanggan atau pemasok
2.      Diferensiasi
a)      Kembangkan berbagai fitur TI baru untuk melakukan diferensiasi produk dan Jasa
b)      Gunakan berbagai fitur TI untuk mengurangi keunggulan diferensiasi para Pesaing.
c)      Gunakan berbagai fitur TI untuk memfokuskan diri pada ceruk pasar yang dipilih
3.      Inovasi
a)      Buat produk dan jasa baru yang memasukkan berbagai komponen TI
b)      Kembangkan pasar baru atau ceruk pasar baru yang unik dengan bantuan TI
c)      Buat perubahan radikal atas proses bisnis dengan TI yang secara dramatis akan memangkas biaya, meningkatkan kualitas, efisiensi, atau layanan pelanggan, atau mempersingkat waktu ke pasar
4.      Mendukung Pertumbuhan
a)      Gunakan TI untuk mengelola perluasan bisnis secara regional dan global
b)      Gunakan TI untuk mendiversifikasi serta mengintegrasikan produk dan jasa lainnya.
5.      Kembangkan Persekutuan
a)      Gunakan TI untuk membuat organisasi virtual yang terdiri dari para mitra bisnis
b)      Kembangkan sistem informasi antar perusahaan yang dihubungkan oleh internet dan ekstranet yang akan mendukung hubungan bisnis strategi
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan adaya aplikasi teknologi informasi maka perusahaan dapat meningkatkan kinerja operasional dan managemen.teknologi Informasi juga dapat dijadikan alat untuk membantu perusahaan dalam memenagkan persaingan.Sistem Informasi Strategis juga bermafaat bagi manager baik untuk perusahaan kecil maupun besar.
Manager harus berinisiatifmengidentifikasi jenis sistem yang dapat dijadikan sebagai keunggulan strategis bagi organisasinya.Walaupun beberapa industri sudah melangkah maju namun sebagian besar masih tertinggal.Alasannya masih cukup sederhana yakni teknologi informasi yang ada tidak layak diterapkan ke perusahaan.
Manfaat Sistem Informasi Strategis Penggunaan TI
ü  Meningkatkan Operasi Bisnis
ü  Mempromosikan inovasi bisnis
ü  Mempertahankan pelanggan dan pemasok
ü  Membentuk biaya pengganti(switching cost)
ü  Membentuk tembok pengahalang bagi pendatang baru
ü  Membangun suatu ‘Platform’ TI strategis
ü  Mengembangan sistem Informasi Strategis
Daftar Pustaka
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar