Minggu, 05 Januari 2014

Peranan Pemrosesan Komputer Dalam Pemecahan Masalah


Peranan Pemrosesan Komputer Dalam Pemecahan Masalah


Disusun oleh:
Icha Septyani
43211445/3DA01
Universitas Gunadarma

Daftar Isi



Pendahuluan ……………………………………………………………………………I
Pembahasan
        i.            Pengertian komputer …………………………………………………………….1
      ii.            Alat Pemrosesan Data Pada Komputer    ………………………………………..2
    iii.            Peranan komputer dalam Pemecahan masalah ………………………………….3
Kesimpulan ……………………………………………………………..……………....II
Daftar Pustaka ………………………………………………………..………...............III
Pendahuluan
Sistem adalah satu kesatuan komponen yang saling terhubung dengan batasan yang jelas bekerja bersama-sama untuk mencapai seperangkat tujuan. Sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, hardware, software, jaringan komunikasi, sumber-sumber data, prosedur dan kebijakan yang terorganisasi dengan baik yang dapat menyimpan, mengadakan lagi, menyimpan dan menyebarluaskan informasi dalam suatu organisasi. Orang bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan berbagai jenis alat fisik (hardware), perintah dan prosedur pemrosesan informasi (software), saluran komunikasi (jaringan) dan data yang disimpan (sumber daya data). Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sistem informasi memberikan peran yang sangat penting dalam dunia bisnis sehingga seringkali orang menggunakan keunggulan sistem informasi yang ia gunakan sebagai kunci strategi bisnis.
            Perangkat dalam pemrosesan komputer diantaranya adalah casing, motherboard, memory, power supply, processor, VGA Card, I/O Card dan Sound Card.

Bab II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Komputer

komputer merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengolah data yang dapat digunakan sesuai dengan perintah yang telah dirumuskan.sedangkan istilah komputer pada awalnya digunakan sebagai sebutan bagi seseorang yang mempunyai pekerjaan di bidang perhitungan aritmatika, yang dimana seseorang tersebut tanpa menggunakan alat bantu, namun arti kata tersebut pada sebuah mesin.
B.     Alat Pemrosesan Data Pada Komputer

Proses merupakan instruksi atau perintah yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan data dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit/ Unit Pengolah Pusat).
Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu:
1.      Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut dengan main memory.
2.      Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer
3.      control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan.
C.    Peranan Komputer Dalam Pemecahan Masalah
Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat dicontoh berikut ini :
·         Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
·         Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
·         Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
·         Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
·         Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
·         Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
Penggunaan komputer dalam bidang industri.
Menurut Gagne dan Briggs dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
§      Hubungan Interaktif : Komputer dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media.
§      Pengulangan : Pengguna komputer terutama mahasiswa atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.
§      Feedback and Reward : Dengan komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran dan pujian ini dpaat disampaikan secara online dan seketika sehingga mahasiswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan pujian tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan potensi diri terutama dalam pembelajaran.
Komputer adalah media yang dapat digunakan dalam pengajaran dengan berbagai metode yang berbeda-beda. Peran komputer secara umum adalah :
§    Komputer dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar.
§    Dengan komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa yang disukainya dan belajar sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki.
§    Dapat memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan gambar.
§    Program komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis, sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah soal-soal dikerjakan.
Proses kerja komputer secara sederhana adalah :
ü  Proses pertama
Menerima perintah yang User masukan melalui perangkat input seperti keyboard dan mouse
ü  Proses kedua
Mengolah perintah yang sudah diterima dari User, perangkat keras yang mengelola perintahnya adalah prosesor atau juga sering disebut sebagai otak komputer, prosesor memiliki tiga bagian penting yaitu:

a.       Control Unit(CU)=Mengontrol semua kerja perangkat yang terpasang dalam komputer
b.      Arithmatic Logical Unit(ALU)=Mengelola semua proses yang berhubungan dengan logika dan matematika, seperti ketika kita menggunakan kalkulator maka proses menghitungnya diproses oleh ALU
c.       Memory Unit(MU)=Sebagai unti pendukung, dimana proses yang sering dilakukan oleh prosesor sementara akan tersimpan dalam unit ini
ü  Proses ketiga
Mengeluarkan(Output) hasil dari perintah yang sudah diolah didalam prosesor melalui perangkat output seperti monitor(Mengeluarkan tampilan), spiker(Mengeluarkan suara), printer(Mengeluarkan hasil cetakan) dan melalui perangkat output lain. Dalam sebuah computer terdapat alat input dan output yang bekerja saling berhubungan satu sama lain.

Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung). Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung).
Kesimpulan
Peranan Pemrosesan computer dalam pemecahan masalah adalah sangat sederhana. Yaitu dari perintah user ke computer melalui keyboard atau mouse. Kemudian dilanjutkan dengan mengolah perintah tersebut melalui otak komputer yang bernama processor. Dan yang terakhir adalah mengeluarkan hasil dari perintah tersebut berupa data yang kita butuhkan dan bisa beupa tampilan di monitor, suara dari speaker dan hasil cetakan data dari printer. Kita dapat menyimpulkan bahwa proses bekerjanya sebuah komputer tidak lepas dari peranan peralatan input, output serta software yang menggerakannya. Jika salah satu saja tidak memenuhi, maka komputer tersebut tidak akan bisa bekerja. Atau dengan kata lain tidak dapat digunakan.
Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar