7 Aspek Kelayakan Usaha Pada Usaha
Taxi Blue Bird
1. Pasar dan Pemasaran
§ Pasar : pangsa pasar yang dikuasai
usaha ini dari awal usaha memiliki kemajuan pesat dan semakin meluas. Yang tadinya hanya disekitaran
lingkungan rumah (Di Menteng) sekarang poolnya ada di mana-mana.
§ Pemasaran : sistem pemasarannya sudah
modern.
2. Teknik dan Teknologi
Teknik dan teknologi yang digunakan
saat ini sudah berkembang dan menggunakan peralatan yang modern untuk menjalankan kelancaran usaha usahanya.
3. Keuangan
Profit usahanya dari awal sampai
sekarang sudah sangat memuaskan, banyak karyawan yang bergantung hidup dari
usaha ini.
4. Organisasi dan Menagerial
§
Strukturnya
: Vertikal Marketing System, membagi tugas untuk disetiap bagian dan setiap
cabang.
§
Managerial
:
-
P
(Planning): tujuannya jelas untuk menambah pundi-pundi keuangan keluarga, dan
sukses hingga mampu menjadikan usaha yang besar.
-
O
( Organizing) : kualitas layanan proma
-
A
( Actuating) : memiliki ketentuan dalam bekerja
-
C
( Controling) : dilakukan oleh masing-masing pemegang cabang dan tetap dinilai
oleh pemilik ( keluarga).
5. Lokasi, Lingkungan, Budaya
Setelah Jakarta usaha ini merambah ke kota-kota
besar lainnya seperti Bali, Surabaya, Bandung, Manado, Medan, Palembang, dan
Lombok.
6. Legalitas/Hukum
Hokum usaha ini sudah sah dimata
hukum karena masyarakat percaya akan pelayanan yang ditawarkan usaha ini.
7. Social dan Ekonomi
§ Social : tenaga kerja yang dimiliki
perusahaan saat ini kurang lebih 30.000 orang karyawan
§ Ekonomi : kurang atau lebihnya Gaji
pokok ( Rp. 2.250.000,-) , intensif kehadiran, transport, jabatan ( Rp.
1.750.000,-) jadi Gross Profitnya (Rp. 4.000.000,-)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar