Senin, 01 Juli 2013

13 Pertanyaan Tentang Taxi Blue Bird Group

Icha Septyani
43211445/2DA01
  1. Kapan beliau mulai usahanya? Dimana? Apakah Dengan usaha yang sama?
Jawab: awalnya tahun 1952 beliau menjalankan usaha batik dan telur disekitar rumahnya, dan sejak tahun 1965vbeliau baru ingin merintis usaha taxinya.
  1. Apakah dia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri?
Jawab: ia sebab beliau hanya menjalankan usahanya dibantu oleh ketiga anaknya, dan modal awal usahanya hanya 2 buah mobil bekas pemberian ketika suaminya wafat.
  1. Sumber modal awal usahanya adalah dana sendiri atau dari luar? Berapakah jumlahnya!
Jawab: modalnya berawal dari 2 mobil bekas pemberian PTIK dan PTHM ketika suaminya wafat, lalu beliau merancang gagasan untuk menggunakannya sebagai usahanya untuk menambah rezeki keluarga setelah wafatnya sang suami.
  1. Dimana dia pada saat awal memasarkan produknya?
Jawab: beliau pertama kali memasarkan produknya disekitaran tempat tinggalnya yaitu didaerah Menteng, dengan cara pemasaran via telephone rumahnya.
  1. Apakah dengan menjual produk yang sama?
Jawab: dari awal beliau memulai usahanya selalu berbeda dan pada akhirnya usahanya jatuh distu pilihan yaitu usaha taxi gelap sebutannya. Dan usaha taxi itu pulalah yang membawanya pada kesuksesan hingga saat ini.
  1. Siapa pemilik dari usaha tersebut pada saat awal dan pada saat sekarang?
Jawab: awal usahanya dirintis oleh Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono, diteruskan oleh anak-anaknya yaitu Candra dan Purnomo setelah ibunya wafat pada tanggal 10 Juni 2000 dirumah sakit Medistra.
  1. Apa bentuk kepemilikannya?
Jawab: bentuk kepemilikannya adalah waralaba yang masih dipegang oleh keluarga.
  1. Berapa tenaga kerja yang dipekerjakan saat awal hingga saat ini?
Jawab : awal didirikannya pekerjanya hanya anak-anaknya saja, tapi sekarang beliau memiliki pekerja sebanyak 30.000 karyawan yang bekerja dikantornya.
  1. Apakah ada system manajemen tertentu yang ditetapkan saat sekarang?
Jawab: masih diawasi oleh keluarga tapi disetiap cabang diatur oleh direktur.
  1. Apakah ada orang yang ditunjuk sebagai ketua atau koordinator dalam kegiatan usaha? Bagaimana cara penunjuk ketua dan coordinator tersebut?
Jawab: cara penunjukannya adalah melalui direktur secara selektif.
  1. Pernahkah ada prestasi yang dicapai oleh usaha tersebut?
Jawab: prestasi yang didapat ia meraih Top Brand Awards 2012 yang diterima langsung oleh Handang Agusni selaku direktur dan ia juga masuk di Museum Rekor Indonesia sebagai taxi pertama yang berlayanan digital.
  1. Menurut anda apakah usaha tersebut usaha sukses? Gunakan tujuh aspek kelayakan usaha!
Jawab:
Menurut aspek pasar dan pemasaran:
Usaha ini sudah termasuk usaha sukses, karena permintaan dari awal berjalannya usaha tersebut selalu meningkat di tiap periodenya. Meningkatnya permintaan mengakibatkan penawaran meningkat pula, dan mereka bisa selalu menambah armadanya disetiap periode tak kurang 9.000.000 penumpang dalam sebulan sudah terangkut oleh armada Bluebird.
Menurut aspek teknis produksi dan teknologi:
Selama berjalannya usaha dari awal sampai saat ini teknologi yang digunakan perusahaan ini semakin berkembang mengikuti zaman. Awalnya tarif yang digunakan per jam dan saat ini tarif sudah menggunakan argo. Setelah Jakarta usaha ini merambah ke kota-kota besar lainnya seperti Bali, Surabaya, Bandung, Manado, Medan, Palembang, dan Lombok.
Menurut managemen dan sumber daya manusia:
Awalnya usaha ini hanya untuk menambah rezeki keluarga saja dan menjalankan usahanya hanya beliau dan dibantu ketiga anaknya. Sekarang karyawannya yang bergantung pada usahanya ada sekitar 30.000 orang dan memiliki cabang di kota-kota besar lainnya.
Menurut aspek hukum dan legalitas:
Pada tahun 1971, beliau berangkat ke DLLAJR untuk mendapatkan ijin, walaupun berkali-kali ditolak beliau terus berusaha tak putus asa. Beliau mengajak janda-janda pahlawan untuk mendatangi Ali Sadikin tersentuh dan memberikannya ijin usaha dan usaha taxinya semakin lancer dan muncullah nama BLUE BIRD untuk nama armada taxi tersebut.
Menurut aspek keuangan dan ekonomi:
Yang awalnya usaha ini hanya untuk menambah rezeki keluarga setelah mampu membesarkan armada beliau berhasil mendulang keuntungan yang signifikan dan bisa selalu menambah armada dan karyawan yang brgantung diusaha ini.
  1. Apakah menurut anda akan bertahan lama dan berkembang? Jelaskan alasannya!
Jawab: pasti, setiap periodenya selalu berkembang dan akan terus berjalan selama prinsip kerja yang dipakai selama ini selalu dipertahankan.

1 komentar: