Kamis, 09 Februari 2012

Pencemaran lingkungan

Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannyamakluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lngkungan atauberubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfingsi lagi sesuai dengan peruntukannya (UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982). Pencemaran dapat timbul sebagai akibat kegiatan manusia ataupun disebabkan oleh alam (misal gunung meletus, gas beracun). Ilmu lingkunganbiasanya membahas pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia, yang dapat dicegah dan dikendalikan.Karena kegiatan manusia, pencermaran lingkungan pasti terjadi.Pencemaran lingkungan tersebut tidak dapat dihindari. Yang dapat dilakukan adalah mengurangi pencemaran, mengendalikan pencemaran, dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya agar tidak mencemari lingkngan.

Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran di sebut polutan. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkankerugian terhadap makluk hidup. Contohnya, karbon dioksida dengan kadar0,033% di udara berfaedah bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033%dapat memberikan efek merusak. Suatu zat dapat disebut polutan apabila :

1.Jumlahnya melebihi jumlah normal

2.Berada pada waktu yang tidak tepat

3.Berada di tempat yang tidak tepat

Sifat polutan adalah :

1.Merusak untuk sementara, tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungantidak merusak lagi.

2.Merusak dalam waktu lama.Contohnya Pb tidak merusak bila konsentrasinya rendah. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama, Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkatyang merusak.

Salah satu macam pencemaran:

Pencemaran Udara

Pencemaran udara disebabkan oleh asap buangan, misalnya gas CO2

hasil pembakaran, SO, SO2, CFC, CO, dan asap rokok.

1. CO2

Pencemaran udara yang paling menonjol adalah semakinmeningkatnya kadar CO2 di udara. Karbon dioksida itu berasal daripabrik, mesin-mesin yang menggunakan bahan bakar fosil(batubara, minyak bumi), juga dari mobil, kapal, pesawat terbang,dan pembakaran kayu. Meningkatnya kadar CO2 di udara tidak segera diubah menjadi oksigen oleh tumbuhan karena banyak hutandi seluruh dunia yang ditebang. Sebagaimana diuraikan diatas, haldemikian dapat mengakibatkan efek rumah kaca.

2.CO

Di lingkungan rumah dapat pula terjadi pencemaran.Misalnya, menghidupkan mesin mobil di dalam garasi tertutup. Jikaproses pembakaran di mesin tidak sempurna, maka prosespembakaran itu menghasilkan gas CO (karbon monoksida) yangkeluar memenuhi ruangan. Hal ini dapat membahayakan orang yangada di garasi tersebut. Selain itu, menghidupkan AC ketika tidur didalam mobil dalam keadaan tertutup juga berbahaya. Bocoran gasCO dari knalpot akan masuk ke dalam mobil, sehingga dapatmenyebabkan kamatian.

3.CFC

Pencemara dara yang berbahaya lainnya adalah gas khlorofluoro karbon (disingkat CFC). Gas CFC digunakan sebagai gaspengembang, karena tidak beraksi, tidak berbau, tidak berasa, dantidak berbahaya. Gas ini dapat digunakan misalnya untuk mengembangkan busa (busa kursi), untuk AC (freon), pendinginpada almari es, dan penyemprot rambut (hair spray).Gas CFC yang membumbung tinggi dapat mencapaistratosfer terdapat lapisan gas ozon (O3). Lapisan ozon inimerupakan pelindung bumi dari pengaruh cahaya ultraviolet. Kalautidakl ada lapisan ozon, radiasi cahaya ultraviolet mencapaipermukaan bumi, menyebabkan kematian organisme, tumbuhanmenjadi kerdil, menimbulkan mutasi genetik, menyebebkan kankerkulit atau kanker retina mata. Jika gas CFC mencapai ozon, akanterjadi reaksi antara CFC dan ozon, sehingga lapisan ozon tersebut“berlubang” yang disebut sebagai “lubang” ozon.Menurut pengamatan melalui pesawat luar angkasa, lubangozon di kutub Selatan semakin lebar. Saat ini luasnya telah melebihitiga kali luas benua Eropa. Karena itu penggunaan AC harusdibatasi.

4.SO, SO2

Gas belerang oksida (SO, SO2) di udara juga dihasilkanoleh pembakaran fosil (minyak, batubara). Gas tersebut dapatberaksi dengan gas nitrogen oksida dan air hujan, yangmenyebabkan air hujan menjadi asam. Maka terjadilahhujan asam.

Hujan asam mengakibatkan tumbuhan dan hewan-hewantanah mati. Produksi pertanian merosot. Besi dan logam mudahberkarat. Bangunan –bangunan kuno, seperti candi, menjadi cepataus dan rusak. Demikian pula bangunan gedungdan jembatan.

5.Asap Rokok

Polutan udara yang lain yang berbahaya bagi kesehatanadalah asap rokok. Asap rokok mengandung berbagai bahanpencemar yang dapat menyababkan batuk kronis, kanker patu-paru,mempengaruhi janin dalam kandungan dan berbagai gangguankesehatan lainnya.Perokok dapat di bedakan menjadi dua yaitu perokok aktif dan perokok pasif.

Perokok aktif adalah mereka yang merokok.

Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok tetapi menghirupasap rokok di suatu ruangan.Menurut penelitian, perokok pasif memiliki risiko yanglebih besar di bandingkan perokok aktif. Jadi, merokok di dalamruangan bersama orang lain yang tidak merokok dapat mengganggukesehatan orang lain.Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran udara antara lain :a. Terganggunya kesehatan manusia, seperti batuk dan penyakitpernapasan (bronkhitis, emfisema, dan kemungkinan kanker paru-paru.b. Rusaknya bangunan karena pelapukan, korosi pada logam, danmemudarnya warna cat.c. Terganggunya oertumbuhan tananam, seperti menguningnya daunatau kerdilnya tanaman akibat konsentrasi SO2yang tinggi atau gasyang bersifat asam.Adanya peristiwa efek rumah kaca (green house effect ) yang dapatmenaikkan suhu udara secara global serta dapat mengubah polaiklim bumi dan mencairkan es di kutub. Bila es meleleh makapermukaan laut akan naik sehingga mempengaruhi keseimbanganekologi.e. Terjadinya hujan asam yang disebabkan oleh pencemaran oksidanitrogen.


Sumber: www.scribd.com/doc/7777351/Pencemaran-lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar