Kamis, 22 Desember 2011

Planet

Planet duiambil dari bahasa yunani (Asteres Planetai) yang artinya bintang pengelana. Dinamakan demikian karena berbeda dengan bintang biasa, planet dari waktu kewaktu terlihat berkelana (berpndah-pindah) dari rasi bintang yang satu kerasi bintang yang lain karena planet beredar mengelilingi matahari. Yunani kuno belum memahami helios sentries, saat itu planet adalah & benda langit:

·        Matahari

·        Bulan

·        Merkurius

·        Venus

·        Mars

·        Jupiter

·        Saturnus

Tetapi pada abad ke-16 astronom modern menghapus matahari dan bulan dr daftar karena tidak sesuai dengan definisi yang berlaku sekarang. Sebelumnya planet-planet anggota tatasurya ada 9 yaitu: merkurius, venus, bumi, mars, Jupiter, saturnus, Uranus, neptunus dan Pluto.

Cirri-ciri planet :

v  Mengorbit mengelilingi bintang atau sisa-sisa bintang

v  Memiliki massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiriagar dapat mengatasi tekanan rigid body sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk keseimbangan hidrostatik (bentuk hamper bulat)

v  Tidak terlalu besar hingga dapat menyebabkan fusi termonuklir terhadap deuterium di intinya.

v  Telah “membersihkan lingkungan” (clearing the neighborhood; mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri) di daerah sekitar orbitnya.

v  Berdiameter lebih dari 800 KM

Berdasarkan definisi diatas maka dalam system tatasurya terdapat 8 planet. Hingga 24 Agustus 2006, sebelum IAU (Internasional Astronomical Union) mengumumkan perubahan pada definisi planet sehingga seperti yang dim sebut diatas terdapat 9 planet termasuk Pluto, bahkan benda langit yang belakangan juga ditemukan sempat dianggap sebagai planet baru, diantaranya: ceres, sedan, orcus, xena, quaour dan UB 313. tetapi Pluto, ceres dan UB 313 kini berubah statusnya menjadi “Planet Kerdil/katai”

Sumber: Wikipedia


Planet venus dan Karakteristiknya

 
Planet kedua ditatasurya ini memiliki suhu permukaan mencapai 900 derajat fahrenhneit.
Venus kadang sering di sebut sebagai “kembaran jahat” Bumi.dari segi ukuran, komposisi dan lokasi orbit venus sebenarnya planet termirip Bumi. Venus memutari porosnya jauh lebih lambat dari Bumi. Karenanya, setahun di Venus serupa 243 hari di Bumi. Berdasarkan hal ini, diketahui angin si puncak awan Venus bisa mencapai 360 Km/jam atau 60 kali kecepatan memutar planet. Pendorong cepatnya rotasi Venus adalah energy sinar matahari, papar Grinspoon.
Saat dilihat dari kutub utara matahari, semua planet di tatasurya mengorbit matahari dengan arah berlawanan dan semuanya hampir berputar searah sumbunya. Namun tidak untuk Venus, planet ini memiliki rotasi retrograde seperti Uranus. Artinya, matahari terbit dari barat dan terbenam di timur planet ini. Perputaran searah jarum jam ini mungkin hasil tabrakan kosmik awal sejarah Venus. Sumber : hydrowind.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar