PERANAN
POTENSIAL INFORMASI STRATEGIS DALAM MEMBERIKAN KEUNTUNGAN BAGI PERUSAHAAN
Disusun oleh:
Icha Septyani
43211445/3DA01
Universitas
Gunadarma
Daftar Isi
Pendahuluan ……………………………………………………………………………I
Pembahasan
i.
Pengertian
Sistem Informasi Strategi ………………………………………….1
ii.
Pengaruh
Sistem Informasi Strategi .…………………………………………..1
iii.
Sistem
Informasi Untuk Keuntungan Strategi.…………………………………2
iv.
Peranan Strategi
Sistem Informasi ………............……………………………..3
v.
Penggunaan Strategi Informasi …………….....................…..……………………………...4
Kesimpulan
……………………………………………………………..……………....II
Daftar Pustaka
………………………………………………………..………...............III
Pendahuluan
Lingkungan dunia yang mengalami perubahan
seperti adanya globalisasi, kontrol masyarakat, perkembangan teknologi,
memberikan dampak bagi perkembangan suatu negara maupun bisnis. Ini disebabkan
perlu adanya keselarasan antara kompetensi yang dimiliki perusahaan dengan
lingkungan yang ada diluar organisasi (perusahaan dan pemerintah).
Pertimbangan
global praktis berdampak pada keputusan strategis. Dengan demikian perlu adanya
kegiatan dalam pengambilan keputusan yang disesuaikan antara kemampuan yang
dimiliki dengan lingkungan yang ada di sekitar sehingga perlunya adanya
manajemen strategi. Menopang manajemen strategis tergantung pada manajer
perusahaan mengenai pesaing, pasar, harga, pemasok, distributor, pemerintah,
kreditor, pemegang saham dan pelanggan diseluruh dunia. Harga dan mutu dari
produk dan jasa perusahaan harus dapat bersaing di seluruh dunia, bukan hanya
di pasar lokal. Persaingan yang memunculkan daya saing erat kaitannya dengan
pemahaman mekanisme pasar (standar dan benchmarking), kecepatan dan ketepatan
penyampaian produk (barang dan jasa) yang mampu menciptakan nilai tambah. Oleh
karena itu, peningkatan daya saing organisasi bersifat unik, tetapi pada
intinya dipengaruhi oleh aspek kreativitas, kapasitas, teknologi yang digunakan
dan jangkauan pemasaran yang dicapai. Hal tersebut diwujudkan dari tampilan
produk, produktivitas yang tinggi dan pelayanan yang baik.
Bab II
Pembahasan
A.
Pengertian Sistem Informasi Strategi
Sistem
Informasi Strategis adalah dukungan terhadap sistem informasi komputer yang
digunakan pada tingkat organisasi yang mengubah tujuan operasional, produk jasa
dan hubungan lingkungan untuk membantu organisasi. Sedangkan menurut Martin
(1994), Sistem Informasi Strategis adalah alat untuk mengimplementasikan
strategi dengan menggunakan informasi, pengolahan informasi dan komunikasi
informasi. Menurut Laudon(1997), Sistem Informasi Strategis adalah
sistem komputer yang digunakan pada setiap tingkatan organisasi yang mengubah
tujuan operasional, produk jasa dan hubungan lingkungan untuk membantu
organisasi memperoleh keunggulan kompetitif.
Sistem
Informasi dapat mempengruhi aktifitas bisnis perusahaan secara keseluruhan
sehingga dapat membantu perusahaan dalam persaingan bisnis dengan perusahaan
lainnya. Sistem yang dijalankan tidak hanya dalam lingkup organisasi itu
sendiri, tapi melibatkan pelanggan atau klien, pemasok dan pesaing. Sistem
Informasi dapat dipandang secara strategis yaitu sebagai jaringan kompetitif
vital (pembaharuan organisasi) dan invesasi teknologi untuk membantu mencapai
tujuan.
B.
Pengaruh Sistem Informasi Strategi
Ada dua pengaruh penerapan Sistem Informasi Strategis
yaitu:
1.Pengaruh
Bersaing
Pengaruh bersaing adalah pengaruh secara langsung
berdampak pada kemampuan bersaing.kelompok Sistem Informasi Stretegis ini mempu
menciptakan aliansi dengan pelanggan,yang dapat menimbulkan biaya bagi
pelanggan untuk berpaling ke pesaing atau menimbulkan biaya bagi pesaing baru
untuk masuk pasar.Berikut beberapa pengaruh bersaingSistem Informasi Strategis:
§
siklus
perkembangan produk
§
memperkuat
kualitas produk
§
kelompok
penjualan dan dukungan penjualan
§
otomatisasi
siklus pesanan
§
pengurangan
biaya kantor
§
management
saluran produk dan persediaan
§
pengurangan
level management
§
penguatan
tampilan produk dna ancaman terhadap produk pengganti
2.Pengaruh
Industri
Pengaruh
Industri adalah pengaruh yang secara permanen mempengaruhi sifat bisnis pada
industri tertentu.Pengaruh-pengaruh ini meliputi seluruh industri pemasok dan
beberapa pelanggan.Berikut Pengaruh Industri Sistem Informasi Strategis:
ª
Sistem
produk dan jasa
ª
Siklus
hidup produk
ª
Skop
geografis
ª
Skala
ekonomis pada produksi
ª
Perpindahan
dalam tempat nilai tambah
ª
Kekuatan
menawar dari pemasok
ª
Penciptaan
berbisnis baru
C. Sistem Informasi Untuk Keuntungan Strategi
Sistem informasi dapat memainkan peran yang besar dalam
mendukung tujuan strategis dari sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan dapat
bertahan dan sukses dalam waktu lama jika perusahaan itu sukses membangun
strategi untuk melawan kekuatan persaingan yang berupa : persaingan dari para
pesaing yang berada di industri yang sama, ancaman dari perusahaan baru,
ancaman dari produk pengganti, kekuatan tawar-menawar dari konsumen dan
kekuatan tawar-menawar dari pemasok. Beberapa strategi bersaing yang dapat
dibangun untuk memenangkan persaingan adalah :
1)
Cost leadership (keunggulan biaya) yaitu
menjadi produsen produk atau jasa dengan biaya rendah.
2)
Product differentiation (perbedaan produk)
yaitu mengembangkan cara untuk menghasilkan produk atau jasa yang berbeda
dengan pesaing.
3)
Innovation yaitu menemukan cara baru untuk
menjalankan usaha, termasuk di dalamnya pengembangan produk baru dan cara baru
dalam memproduksi atau mendistribusi produk dan jasa.
Sistem
informasi manajemen (SIM) dapat menolong perusahaan dalam
a)
meningkatkan efisiensi operasional
b)
memperkenalkan inovasi dalam bisnis dan
c)
membangun sumber-sumber informasi strategis
D. Peranan Strategi Sistem Informasi
Peranan
Sistem Informasi Strategis
1)
Penggunaan
teknologi informasi untuk menghasilkan produk layanan
2)
Meningkatkan
kemampuan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitifnya
3)
Membantu
perusahaan dalam menghadapi pasar globa
Peran
aplikasi sistem informasi dalam bisnis adalah untuk memberikan dukungan yang
efektif atas strategi perusahaan agar dapat memperoleh keunggulan
kompetitif.Peran strategi informasi ini melibatkan penggunaan teknologi
informasi untuk mengembangkan berbagai produk, layanan, dan kemampuan yang
memberikan perusahaan keunggulan besar atas tekanan kompetitif dalam pasar
global.
E. Penggunaan Strategi Informasi
Teknologi informasi
dapat dimanfaatkan untuk mengimplementasikan lima srategi kompetitif dasar dari
Porter tersebut. Perusahaan menggunakan sistem informasi strategis, misalnya
dengan menggunakan teknologi internet untuk bisnis elektronik dan aplikasi
perdagangan. Pada gambar 3.3 mengilustrasikan bagaimana upaya perusahaan
melalui pemanfaatan Teknologi informasi untuk meraih peningkatan efisiensi ,
menciptakan peluang bisnis baru , memelihara hubungan baik dengan pelanggan dan
pemasok.
Adapun strategi dasar
penggunaan teknologi informasi (TI) dalam bisnis adalah :
1. Biaya Yang Lebih Rendah
a) Gunakan TI untuk mengurangi secara mendasar biaya proses
bisnis
b)
Gunakan
TI untuk menurunkan biaya pelanggan atau pemasok
2. Diferensiasi
a)
Kembangkan
berbagai fitur TI baru untuk melakukan diferensiasi produk dan Jasa
b)
Gunakan
berbagai fitur TI untuk mengurangi keunggulan diferensiasi para Pesaing.
c)
Gunakan
berbagai fitur TI untuk memfokuskan diri pada ceruk pasar yang dipilih
3. Inovasi
a) Buat produk dan jasa baru yang memasukkan berbagai
komponen TI
b)
Kembangkan
pasar baru atau ceruk pasar baru yang unik dengan bantuan TI
c)
Buat
perubahan radikal atas proses bisnis dengan TI yang secara dramatis akan memangkas biaya, meningkatkan kualitas, efisiensi,
atau layanan pelanggan,
atau mempersingkat waktu ke pasar
4. Mendukung
Pertumbuhan
a) Gunakan TI untuk mengelola perluasan bisnis secara
regional dan global
b)
Gunakan
TI untuk mendiversifikasi serta mengintegrasikan produk dan jasa lainnya.
5. Kembangkan
Persekutuan
a) Gunakan TI untuk membuat organisasi virtual yang terdiri
dari para mitra bisnis
b)
Kembangkan
sistem informasi antar perusahaan yang dihubungkan oleh internet dan ekstranet yang akan mendukung hubungan
bisnis strategi
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan
adaya aplikasi teknologi informasi maka perusahaan dapat meningkatkan kinerja
operasional dan managemen.teknologi Informasi juga dapat dijadikan alat untuk
membantu perusahaan dalam memenagkan persaingan.Sistem Informasi Strategis juga
bermafaat bagi manager baik untuk perusahaan kecil maupun besar.
Manager harus berinisiatifmengidentifikasi jenis sistem
yang dapat dijadikan sebagai keunggulan strategis bagi organisasinya.Walaupun
beberapa industri sudah melangkah maju namun sebagian besar masih
tertinggal.Alasannya masih cukup sederhana yakni teknologi informasi yang ada
tidak layak diterapkan ke perusahaan.
Manfaat Sistem Informasi Strategis Penggunaan TI
ü
Meningkatkan
Operasi Bisnis
ü
Mempromosikan
inovasi bisnis
ü
Mempertahankan
pelanggan dan pemasok
ü
Membentuk
biaya pengganti(switching cost)
ü
Membentuk
tembok pengahalang bagi pendatang baru
ü
Membangun
suatu ‘Platform’ TI strategis
ü Mengembangan sistem Informasi Strategis
Daftar Pustaka